LAUNCHING MOTOR LISTRIK BISMA 

Pada tanggal 8 Februari 2020 keluarga besar Program Studi Pendidikan Teknik Elektro kedatangan anggota keluarga baru yaitu BISMA. BISMA merupakan motor listrik pertama di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Lahirnya BISMA ini merupakan luaran dari mata kuliah Workshop Pemanfaatan Energi Listrik pada semester 7 yang diampu oleh Bapak Pramudya Ardi, M.Pd.

 

Sepeda Motor Listrik BISMA memiliki emapat komponen utama, meliputi motor, baterai, kontroler dan rangka.  Sepeda Motor Listrik BISMA menggunakan motor BLDC (Brushless Direct Curent) dengan daya 350 Watt, lalu  menggunakan kontrol untuk motor sebesar 350 Watt dan didukung 3 baterai aki VRLA (Valve Regulated Lizuid Acid) yang dirangkai seri 36 Volt 27 Ampere. Daya jelajah Sepeda Motor Listrik BISMA sejauh 40 Km untuk sekali charge.

 

Launching BISMA ini mendapatkan dukungan dari WR Bidang Kemahasiswaan Bapak Drs. R Bekti Kisdianta, M.Pd, beliau melakukan test drive BISMA di area Laboratorium Terpadu UNIPMA. Kemudia dilanjutkan test drive oleh Bapak Dr. H. Sumani, M,M., M.Hum selaku wakil dekan bagian Akademik dan Sarana Prasarana FKIP UNIPMA.